Jenis Kayu Untuk Kitchen Set agar Tahan Lama

Banyak sekali kayu-kayu material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kitchet set murah. Kayu-kayu tersebut ada yang berkualitas sampai ada yang tidak tahan lama.

Murah bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kayu yang berkualitas. Kayu yang berkualitas bisa ditentukan dari pengolahannya. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu tahu harga-harga kayu yang relative lebih mahal.
kayu untuk kitchen set
Mengapa? Agar kamu bisa mendapatkan kitchen set murah yang sesuai impian tanpa menggunakan material kayu yang mahal-mahal. Salah satu material kayu yang harus kamu hindari adalah material kayu solid.

Dibandingkan kayu olahan lainnya, kayu solid lebih kuat dan tahan lama. Namun harga kayu ini sangat mahal. Selain mahal, persediannya pun sangat terbatas. Dalam pembuatannyapun diperlukan keterampilan khusus. Lebih baik gunakan beberapa jenis kayu berikut ini.

1. Kayu Jati

Indonesia termasuk penghasil kayu jadi yang cukup baik. Sehingga, kayu jati banyak di minati karna berkualitas, ketahanan terhadap cuaca, tahan rayap, dan serta kayunya menarik. Jati termamsuk jenis kayu kelas satu yang diolah sebagai furiture berkelas.

2. Kayu Sungkai.

Kayu Sungkai termasuk jenis Jati, tetapi harganya lebih murah. Memiliki serat lebih lunak dan warnanya pun lebih terang dari kayu Jati. Meski pun harganya lebih murah dari kayu Jati. kayu Sungkai lebih mahal dari kayu Nyatoh.

3. Kayu Nyatoh.

Kayu ini berasal dari Riau. Memiliki serat kayu warna coklat muda dengan guratan yang sangat khas. Keunggulan kayu ini juga tahan terhadap rayap dan tahan lama. Untuk harganya, meski kualitasnya masih dibawah Jati, tetapi masih relaif mahal dibandingkan dengan kayu olahan lainnya.

Selain material, ada juga beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar mendapatkan kitchen set yang murah seperti berikut ini;

1. Pilih bahan baku yang berkualitas, anti rayap, dan tidak mudah memuai. Pilihlah finshing anti air dan minyak seperti HPL, Gloss, Duco, dan Melanic.
2. Agar kitchen set higienis, sebaiknya table top terbuat dari bahan yang berpori-pori kecil, tahan gores, dan tahan panas.
3. Ukuran-ukuran kabinet, laci dan table topnya harus presisi sehingga terlihat rapi. Jangan lupa sesuaikan ukuran kitchen set dengan peralatan masak yang ada.
4. Pastikan fitting seperti handel, engsel, rel laci baik dan tahan lama.