Poin Penting dalam pembuatan kitchen set

Beberapa Poin Penting dalam pembuatan kitchen set yang perlu anda perhatikan sebelum proses pengerjaan dilakukan. Beberapa hal tersebut diantaranya seperti saat memilih material, tukang yang bertanggung jawab dalam pengerjaan hingga dalam menentukan desain. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat membuat kitchen set.

Desain Kitchen Set

1. Perhitungkan Luas Dapur. Perhatikan luas dapur karena kamu akan meletakkan kitchen set kamu di tempat tersebut. Kamu bisa mengetahui apa yang penting dan yang tidak penting hanya dengan memperhitungkan luas dapur tersebut. Kalau ruang dapur kamu kecil, tentukan apa yang penting-penting saja atau menggunakan skala prioritas. Selain itu, pengukuran juga penting agar semua peralatan bisa disimpan di dalam kitchen set.
2. Material Dasar. Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan sebagai material dasar pembuatan kitchen set, mulai dari multiplex/ plywood, MDF, particle board dan block board. Bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. Anda juga bisa memakai kayu solid seperti jati atau meranti, tapi akan memakan biaya yang sangat mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda terbatas.
3. Material untuk Finishing. Selain membuat kitchen set jadi lebih indah, finishing juga juga dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan sehingga lebih tahan lama. Material untuk finishing ada berbagai macam, misalnya deco sheet, HPL, melamic dan duco. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.
4. Desain. Soal pemilihan desain dapur, jangan tergoda untuk membuat kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit karena kamu harus fokus pada kebutuhan.Pastikan seberapa luas dapur Anda, peralatan yang akan dipakai, aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di dapur dan sebagainya. Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan keseluruhan tampilan rumah. Tentunya kurang cocok jika Anda membuat kitchen set berdesain minimalis modern pada rumah dengan gaya klasik atau victorian.
5. Penempatan Peralatan. Utamakan menempatkan peralatan yang penting saja jikakitchen set Anda tidak terlalu besar. Misalnya kompor gas dan kulkas. Sementara untuk dispenser atau microwave, bisa disesuaikan dengan besar-kecilnya kitchen set.
6. Pakai Jasa Ahli. Kitchen set adalah salah satu property yang multifungsi, yaitu sebagai kebutuhan rumah dan perhiasan rumah. Karena kitchen set merupakan sebuah karya seni, maka sebaiknya kamu meminta seseorang yang professional atau penyedia jasa kitchen set dalam pembutannya. Mengapa? Karena bisa dipastikan mereka lebih berpengalaman dan bisa memberikan masukkan seperti apa desain kitchen set yang cocok untuk rumah kita.
7. Cari Referensi. Minta referensi dari teman, kerabat atau orang yang kamu percayai mengengai hal-hal dalam pembuatan kitchen set, seperti biaya, bahan dan pembuatannya. Kitchen set mengaruskan seseorang memiliki banyak keahlian dan membutuhkan sebuah tim yang besar. Oleh karena itu, carilah referensi tersebut.

Demikian beberapa Poin Penting dalam pembuatan kitchen set yang perlu anda perhatikan